buildings, sunset, town-2602324.jpg

Lampung-Babel Tindaklanjuti Kerja Sama Pengembangan Perdagangan Komoditi

Bandar Lampung (Lampost.co)– Pemerintah Provinsi Lampung melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Lampung jemput bola mengunjungi Bangka Belitung guna menindaklanjuti kerja sama fasilitasi penyeberangan antara Provinsi dalam meningkatkan pengembangan investasi, perdagangan dan pariwisata.

Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Lampung, M. Zimmi Skil, bersama rombongan tim mengunjungi Bangka Belitung untuk mengimplementasikan perdagangan komoditi, melalui mekanisme bisnis antarBadan Usaha Milik Daerah (BUMD) maupun pelaku usaha lainnya antara Provinsi Lampung dan Provinsi Babel.

“Kami menindaklajuti Nota Kesepahaman Bersama (MoU) antara Gubernur Lampung dan Gubernur Kepulauan Kepulauan Bangka Belitung, tentang kerja sama fasilitasi penyeberangan antaraProvinsi dalam meningkatkan pengembangan investasi, perdagangan dan pariwisata,” katanya, Minggu, 31 Oktober 2021.

Disperindag Lampung bersama BUMD PT Wahana Raharja Lampung melakukan kunjungan pada 27-29 Oktober 2021 tersebut menjelaskan implementasi yang dapat dilakukan yaitu di bidang komoditi berdagangan, Industri maupun pertambangan yang ada di Provinsi Babel, begitu juga sebaliknya Implementasi yang sama bisa dilakukan oleh Provinsi Lampung melalui komiditi yang ada saat ini.

“Diimplementasikan melalui perdagangan antarpulau, yang berpotensi dilakukan kerja nyata,” katanya.

Oleh sebab itu, Pemerintah Provinsi Lampung mengupayakan kunjungan yang dilakukannya membawa tindakan nyata, yang dapat direalisasikan melalui perjanjian kerja sama antara BUMD Babel dengan BUMD Lampung. Misalnya saja perjanjian kerja sama komoditi beras dimana Lampung merupakan daerah lumbung beras, sedangkan Babel hingga saat ini masih kekurangan beras untuk memenuhi kebutuhan masyarakatnya. Sebaliknya, Babel juga bisa melakukan hal yang sama dalam komoditi lada putihnya.

“Lampung Nomor 4 daerah lumbung beras BUMD Lampung dengan BUMD Babel saling menjalin perjanjian kerja dalam hal komoditas yang bisa dilakukan kerjasamanya dan pemerintah kami mendukung kegiatan tersebut,” katanya.

Menurutnya, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Bangka Belitung, Tarmin AB menyambut baik kunjungan ini dalam menindaklajuti MoU Gubernur Lampung dengan Gubernur Babel. Dan berupaya merealisasikan perjanjian kerja sama antara BUMD Lampung dan BUMD Babel.

Tarmin mengimbau agar BUMD Babel sesegera mungkin melakukan PKS dengan BUMD Lampung, sehingga ada gerakan nyata dari MoU tersebut.

Sementara Direktur Operasional BUMD Bangka Belitung, Aswandi menyampaikan pihaknya akan melakukan rapat bersama pimpinan dan jajaranya untuk membahas komoditi apa saja yang akan dilakukan kerja sama dengan BUMD Lampung.

Sri Agustina

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *